Liputan Seminar Nasional “The Role of Waqf Institution In The World Muslim Development”

Image335

Ini adalah kumpulan dan editan yang sudah saya tulis sendiri di https://twitter.com/guru5seni8 dan memenangkan lomba menulis. Bukan itu sih yang penting.

Yang penting adalah, mungkin ada beberapa individu yang memiliki keterbatasan untuk mengikuti dan membaca link tersebut, jadi….saya bantu melalui blog ini.

Mungkin, ini even 1 di Indonesia yang diselenggrakan oleh @sefgunadarma #gesent2014 yang jadi judul dari blog ini.

Foto di paling atas tulisan adalah foto dari kedua pembicara dan satu moderator yang saya ambil sendiri. Mohon maaf kurang bagus, karena memang bukanlah ahlinya.

Kita akan masuk ke apa sajakah yang dibahas oleh pembicara pertama.

“Berwakaf tidak wajib, tapi boleh digunakan hasil penggunaan sehingga jadi generasi yang cerdas dan dermawan”. sufi itu kurang tepat bila melaksanakan hukum Islam tanpa harta, kenapa?

jawab : “mustahil jadi muzakki, sholat wangi, beribadah haji kan butu harta kalo cuma minta berarti pengemis”.

“hibahkan ke orang itu seharusnya yang paling disayangi bukan bekas gitu,langsung kasi saat diberi” ujaran di acara @sefgunadarma.

“Belum ada wakaf di Indonesia berbentuk Rumah sakit, SPBU, Hotel, tempat bisnis, pasar, baru masjid dan kuburan” ujar @sefgunadarma. Dinar,dirham brbntk kertas bkn perak,emas yg dipake skrng sbg alat ukur,standar nilai,safety dlm komoditi.

Wakaq itu bisa menghilangkan hutang, tapi ada masalah disini yakni amanah. Butuh modal intelektual, UU wakaq saham bru dibuat.selain itu,butuh Human skill, human technical, human relation.

secara budaya waqaf uda ada sblm kemerdekaan,setelah merdeka ada UU no 5 thn 1990 tentang pokok agraria. Selain itu, ada PP no 28 tahun 1997 dan UU no 41.

Pembicara kedua Prof.Nor Azizah yang pernah belajar di USA untuk keuangan konvensional menyatakan “Beberapa peran penting institusi wakaf terhadap global ekonomi yakni 1.mengurangi ketergantungan terhadap dana kerajaan, tapi melibatkan beberapa sektor & dikontrol by government; 2.menghasilkan peluang pekerjaan, kurangi pengangguran, kestabilan politik, kurang jurang ekonomi. Ekonomi yang kurang bikin bergejolak, sehingga muncullah demonstrasi, 4.ekonomi global akan menerima kesan + sekiranya pelaksanaan & pengurusan waqaf dijalankan teratur & sistematis.

Caranya 1.dengan mengadakan kursus pengurusan waqf di Universitas, cara ke 2.membuat banyak kajian untuk penggunaan instrumen Islam dan profit pembangunan waqaf, cara terakhir adalah dengan bekerjasama dengan institusi waqaf dan orang yang mempunyai jabatan dalam agama.

Malaysia, Singapura, Arab Saudi, Mesir, Jordan, Turki bnyk waqaf saham & maju lbh cpt, Indonesia kapan yaa?

Foto dibawah adalah gambar yang diambilkan oleh salah satu panitia karena saya mintai tolong mendokumentasikan dengan media seadanya.

Gambar

Semoga Blog ini bermanfaat, Apakah ada yang punya opini? Menurut anda bagaimana?

Terima kasih ya untuk semuanya.

Salam,

Iklan

Satu pemikiran pada “Liputan Seminar Nasional “The Role of Waqf Institution In The World Muslim Development”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s